BEPAPAS KAMPUNG


MATA KULIAH BAHASA INDONESIA
PROGRAM STUDI HUKUM TATA NEGARA FAKULTAS SYARIAH
(SEMESTER I TAHUN AKADEMIK 2018/2019)
INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN
DOSEN PENGAMPU HARIES PRIBADY, S. Pd, M.Pd

NAMA           : FERY EFENDY
NIM                : 302.2018.051
TEMA            : BEPAPAS KAMPUNG

A.    Latar Belakang
Bepapas Kampung merupakan tradisi adat budaya melayu yang dimiliki sejak zaman dahulu, masyarakat yang pada mulanya saling menjaga dan menghormati masing-masing individu merupakan sebuah bentuk anugerah yang diturunkan oleh Tuhan sebagai karunia yang paling mendasar dalam hidup manusia yang paling berharga.
Namun pada kenyataannya tradisi bepapas kampung merupakan suatu keyakinan yang selalu dilaksankan setiap tahunnya, kegiatan bepapas kampung dilaksankan menyambut 1 Muharram (Tahun Baru Hijriah) salah satu tradisi khususnya pada muslim melayu di Desa Serindang.
Sebelum dimulainya bepapas  kampung tetua adat dan Labai serta tokoh masyarakat mengajak warga untuk berkumpul di Masjid dengan sholat Magrib berjamaah. Setelah sholat, tetua adat dan Labai memimpin pembacaan surah Yaasin bersama, kemudian dilanjutkan dengan membaca do’a selamatan.
Pada pagi harinya menjelang siang, tetua adat membawa air yang disebut Air Tolak Balla, proses bepapas tersebut dimulai dari rumah ke rumah tetua adat membawa perlengkapan yang disebut daun imbali, daun mentibar, daun enjuang, dan kasai langgir. Daun enjuang bermakna hidup ini adalah perjuangan, daun mentibar bermakna penuh cabaran, daun imbali bermakna cepat bersatu kembali, tempurung kelapa tempat kasai langgir yang dicairkan dengan air tolak balla, beras yang di buat kasai langgir bermakna niat suci air tolak ballah bermakna semoga dijauhkan oleh Allah Swt dari balla. Acara tersebut menghindarkan dari balla, penyakit hal-hal yang kurang baik semoga dijauhkan oleh Allah dar orang yang tinggal dirumah atau tempat lainnya.
Bepapas salah satu sarana media/sarana untuk berdo’a silaturrahim dan sedekah, karena biasanya acaranya tersebut melakukan suatu ibadah dan kemasyarakatan tidak lepas dari sumber agama yaitu Al-Qur’an dan Sunnah. Maka dapatlah kita lihat tradisi-tradisi yang ada sekarang ini tentu beracuan pada Kitabullah dan Sunnah Rasul yang disesuaikan waktu kemasyarakatan.
Bepapas adalah adat bersandikan syara’-syara’, dan bersandikan Kitabullah apabila balla telah terjadi semoga tidak terulang kembali balla.
B.     Metodologi
Pelestarian kebudayaan mutlak tidak dapat dipungkiri bahwa kebudayaan suatu kompleksitas yang menjadikan pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat, dan hanya cukup dengan dilestarikan tetapi harus diwariskan kepada generasi selanjutnya.
C.    Pembahasan
Bepapas kampung adalah asas-asas dasar yang menyatakan kebebasan dasar manusia, sebagai nilai budaya yang harus dipertahankan dan dilindungi, dihormati. Bepapas kampung tidak dapat dipisahkan sudah menjadi tradisi dan budaya yang berkembang secara turun menurun.
Tradisi dan budaya suatu kompleksitas yang menjadikan pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat, dan tidak terlepas dari sumber aama yaitu Al-Qur’an dan Sunnah.
Tradisi-tradisi yang ada pada saat ini tentu beracuan pada Kitabullah dan Sunnah yang disesuaikan waktu kemasyarakatan.
D.    Kesimpulan
Bepapas adalah tradisi dan budaya yang berkembang secara turun temurun, terkait tentang hakikat kehidupan masyarakat setempat sangat memegang teguh adat dan istiadat.
Kegiatan bepapas kampung merupakan suatu keyakinan muslim melayu yang ada di Desa Serindang dengan menyambut tahun baru Hijriah (1 Muharram) acara bepapas kampung memberikan nilai-nilai agama yang harus dihormati dan dipertahankan sebagai nilai budaya.
Maka dapatlah kita lihat tradisi-tradisi yang ada bersandikan syara’-syara’ berdasarkan Kitabullah semoga balla tidak terulang kembali.
E.     Referensi
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LABORATORIUM PERADILAN SEMU

LABORATORIUM PERADILAN SEMU
Jl. Raya Sungai Kelambu, Desa Mensere Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kode Pos 79461

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Pages